Sabtu, 14 Mei 2011

Do'a-Do'a Berribu Hati Para Nabi

7. Do ' a Para Nabi dan Rasul Doa Doa Para Nabi dan Rosul Allah . Di bawah ini saya sajikan beberapa pilihan doa doa yang pernah dicontohkan oleh para Nabi dan Rosul Allah SWT:

1. Doa Nabi Adam AS " Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin " Artinya : Ya Allah , kami telah mendholimi pada diri kami sendiri , jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.
2. Doa Nabi Nuh AS " Robbi inni audzubika an as alaka maa laisalli bihi ilmun wa illam tagfirli watarhamni akum minal khosirin " ( surat Hud; 47 ) Artinya : Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari sesuatu yang aku tidak mengetahui hakekatnya , dan sekiranya tidak Engkau ampuni dan belas kasih niscaya aku termasuk orang – orang yang merugi
3. Doa Nabi Ibrahim AS " Robbana taqobal minna innaka anta sami ’ ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrokhim " ( al baqarah ; 128 -129 ) Artinya : Ya Tuhan kami terimalah amalan kami sesungguhnya Engkau maha mendengar dan Mengetahui, dan termalah taubat kami , sesungguhnya Engkau penerima taubat lagi Maha Penyayang. " Robbi ja alni muqimas sholati wa min dzuriyyati, robbana wa taqobal doa , Robbannagh firli wa li wa li dayya wa li jamiil mukminina yauma yaqumul hisab " ( ibrahim ; 40 -41) Artinya : Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendirikan sholat , ya Tuhanku perkenankanlah doaku , ya Tuhanku beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan seluruh orang mukmin, pada hari terjadinya hisab .
4. Doa Nabi Yunnus AS " Lailaha illa anta subhanaka inni kuntum minadh dholimin " ( al anbiya ; 87) Artinya : Tidak ada Tuhan Tuhan selain Engkau , Maha Suci Engkau sesungguhnya aku orang yang dholim
5. Doa Nabi Zakariya AS " Robbi latadzarni wa anta choirul warisin " ( an biya ; 89 ) Artinya : Ya Allah janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri, sesungguhnya engkau pemberi waris yang paling baik " Robbi habli miladunka duriyattan, thoyibatan innaka sami’ ud du ’a " ( ali imron ; 28) Artinya : Ya Tuhan berilah aku seorang anak yang baik dari sisiMu, sesungguhnya Engkau maha pendengar Doa
6. Doa Nabi Musa AS " Robis shrohli shodri wa ya shirli amri wah lul uqdatam mil lissani yah khohu khouli " ( Thoha ; ) Artinya : Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku , dan lancarkanlah lidahku serta mudahkanlah urusanku " Robbi inni dholamtu nafsi fa firlhi " ( al qhosos ; 16) Artinya : Ya Allah aku menganiaya diri sendiri , ampunilah aku " Robbi Naj jini minal qumid dholimin " ( Artinya : Ya Tuhan lepaskanlah aku dari kaum yang dholim " Robbi ini lima anzalta illayya min khoirin faqir " ( al qhosos; 24 ) Artinya : Ya Tuhanku sesungguhnya aku memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku " Robbi firli wa li akhi wa adkhilna fi rohmatika, ya arhamar rokhimin " ( Artinya : Ya Tuhanku ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmatMu , dan Engkau Maha Penyayang diantara yang menyayangi
7. Doa Nabi Isa AS " Robbana anzil alaina ma idatam minas samai taqunu lana idzal li awalina , wa akhirina , wa ayyatam minka war zukna wa anta khoiru roziqin " ( al maidah ; 114 ) Artinya : Ya Tuhanku turunkanlah pada kami hidangan dari langit, yang turunnya akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang – orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami , menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rejeki dan Engkaulah pemberi rejeki yang paling baik .
8. Doa Nabi Syuaib AS " Robbana taf bainana, wa baina kaumina bil haqqi , wa anta khoirul fatihin " ( A araf; 89 ) Artinya : Berilah keputusan diantara kami dan kaum kami dengan adil , Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik – baiknya .
9. Doa Nabi Ayyub AS " Robbi inni masyaniyad durru wa anta arhamur rohimin " Artinya : Bahwasanya aku telah ditimpa bencana, Engkaulah Tuhan yang paling penyayang diantara penyayang.
10. Doa Nabi Sulaiman AS " Robbi auzidni an askhuro ni ’ matakallati an amta allaya wa ala wa li dayya wa an a’ mala sholikhan tardhohu wa ad khilni birrohmatika fi ibadikas sholikhin " ( an naml ; 19) Artinya : Ya Tuhan kami berilah aku ilham untuk selalu mensyukuri nikmatmu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku , dan kepada kedua ibu bapakku dan mengerjakan amal sholeh yang Engkau ridloi , dan masukkanlah aku dengan rahmatMu kedalam golongan hamba-hambMu yang Sholeh .
11. Doa Nabi Luth AS " Robbi naj jini wa ahli mimma ya’ malun " Artinya : Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan " Robbin surni alal kaumil mufsidin " ( assyu araa ; 169 ) Artinya : Ya Tuhanku tolonglah aku dari kaum yang berbuat kerusakan
12. Doa Nabi Yusuf AS " Fatiros samawati wal ardli anta fiddunya wal akhiro tawwaffani musliman wa al hiqni bissholihin " ( yusuf ; 101 ) Artinya : Wahai pencipta langit dan bumi Engkaulah pelindungku di dunia dan akhirat wafatkanlah aku dalam keadaan pasrah ( islam ) , dan masukkanlah aku dengan orang – orang sholeh .
13. Doa Nabi Muhammad SAW " Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar " ( hadist ) ( Q. S . Al Baqarah ayat 201 ) Artinya : Ya Tuhanku berikanlah aku kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkanlah aku dari api neraka " Robbana latuzig qullubana ba’ daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal wahab " ( Ali Imron ; 8 ) Artinya : Ya Tuhanku janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rahmat, sesungguhnya Engkau adalah dzat yang banyak pemberiannya . Kumpulan Doa Doa Para Nabi dan Rosul Allah SWT yang bisa kita lakukan setiap hari saat beribadah dan setelah sholat . Insya allah doa doa yang kita panjatkan bisa terkabul oleh Allah SWT, Amin ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar